PROFIL SINGKAT IMAM AL-ASY'ARI

PROFIL SINGKAT IMAM AL-ASY'ARI
kitab al-Ibanah


               Profil singkat Imam Al-Asy'ari~

Beliau adalah Ali Bin Isma'il Bin Abi Basyar Ishaq Bin Salim Bin Isma'il Bin Abdullah Bin Musa Bin Bilal Bin Abi Burdah Bin Abi Musa Abdullah Bin Qois al-Asy'ari Shohib Rosulallahi Sollallahu 'Alaihi Wasallam, beliau dinisbatkan kepada Abu Musa al-Asy’ari oleh ibnu Asakir dalam kitabnya.
                Disebutkan bahwa ayah beliau Isma’il bin Abi Basyar Adalah ahli hadits dan Ahlussunnah wal Jama’ah. Meski beliau hidup pada masa dimana aliran muktazilah berkuasa, namun beliau terdidik dengan pembelajaran Ahlussunnah wal Jama’ah di bawah bimbingan sang ayah, bahkan sebelum wafatpun sang ayah berwasiat agar putranya dididik oleh yakni as-Saji pemuka ahli hadits kala itu.
                Beliau dilahirkan di kota bashrah pada tahun 260 H. Saat umur beliau 10 tahun beliau beliau mengikuti madzhab Muktazilah dikarnakan ajaran ayah tirinya yaitu Ali al-Juba’i, sampai dissat beliau keluaar dari Muktazilah di umur yang ke 40 pada tahun 300 H, beliau kembali ke ajaran Ahlus Sunnah wal  Jama’ah mengikuti ajaran Ibnu Kullab, al-Muhasibi, dan al-Qolanisi dari Ahli Hadits dan merumuskan Aqidah  Ahlus Sunnah wal  Jama’ah dari Nash al-qur’an dan Hadits serta menguatkannya dengan dalil ‘Aqli.
                Dalam masalah fikih beliau bermadzhab as-Syafi’i beliau berguru kepada al-Marwazi, disebutkan dalam kitab Thabaqatus syafi’iyah  bahwa beliau berguru pada al-Marwazi dalam masalah fikih, sedangkan al-Marwazi belajar ilmu kalam kepada al-Asy’ari.
                Diantara murid-murid beliau adalah: al-Imam Abu Hasan al-Bahili al-Bashri, al-Imam Abu, Abdullah Bin Mujahid al-Basri, al-Imam Abu Muhammad ath-Thobari al-Ma'ruf Bil-'Iroqi, al-Imam Abu Bakar al-Qoffal asy-Syasi, al-Imam Abu Sahal ash-Shohluki an-Naisaburi.
                Beliau mengarang lebih dari 200 kitab yang banyak berbentuk risalah, diantara kitab beliau adalah: al-Ibanah, al-Luma’, al-Maqalatul Islamiyin. Namun kitab al-Ibanah yang beredar sekarang telah banyak perubahan, itu diketahui dari kontradiktifnya antara 4 salinan manuskrip al-Ibanah. Adapun kitab-kitab yang lain sudah tidak banyak ditemukan.
                Beliau wafat di Baghdad pada tahun 324 H, dan saat beliau wafat tersebut beliau dijuluki sebagai Nashiruddin (penolong agama) oleh para ulama yang bersedih saat itu.
                Demikian sedikit ulasan mengenai profil singkat Imam al-Asy’ari, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

                                                                                    Mustofa Al-Hasany


                 


Oldest