Panduan Tata Cara Tayammum yang Benar

Panduan Tata Cara Tayammum yang Benar

Tayammum adalah salah satu media bersuci bagi Ummat islam, tayammum adalah mengusap wajah dan kedua tangan denga menggunakan Sho’id (debu) yang suci.
Seorang muslim bisa menggunakan tayammum untuk bersesuci, apabila tidak menemukan air untuk dijadikan wudlu atau mandi (wajib).

Tata Cara Tayammum Nabi SAW

Tata cara tayammum Nabi SAW dijelaskan hadits ‘Ammar bin Yasir RA,
بَعَثَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فِى حَاجَةٍ فَأَجْنَبْتُ ، فَلَمْ أَجِدِ الْمَاءَ ، فَتَمَرَّغْتُ فِى الصَّعِيدِ كَمَا تَمَرَّغُ الدَّابَّةُ ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَصْنَعَ هَكَذَا » . فَضَرَبَ بِكَفِّهِ ضَرْبَةً عَلَى الأَرْضِ ثُمَّ نَفَضَهَا ، ثُمَّ مَسَحَ بِهَا ظَهْرَ كَفِّهِ بِشِمَالِهِ ، أَوْ ظَهْرَ شِمَالِهِ بِكَفِّهِ ، ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini”. Seraya beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.
Baca Juga: cara dan niat wudlu

Berikut adalah syarat tayammum:

1.     Adanya udzur safar (perjalanan) atau sakit.
2.     Masuk waktu shalat.
3.     Sudah mencari air.
4.     Tidak bisa menggunakan air.
5.     Debu yang suci.

Adapun udzur yang diperbolehkan untuk tidak menggunakan air meski tidak air adalah:

1.   Khawatir akan kehilangan nyawa bila menggunakan air, atau cacatnya anggota badan.
2.   Menemukan air atau sumber air tapi tidak bisa menggunakannya karna dijaga oleh binatang buas.
3.   Atau jika keluar mencari air, maka harta bendanya akan dicuri.
4.   Ada air, namun dibutuhkan untuk minum. Baik untuk diri sendiri, orang lain, atau hayawan.

Rukunnya tayammum

1.       Niat.
2.       Mengusap debu ke wajah.
3.       Mengusap debu pada kedua tangan.
4.       Tartib.

cara tayammum

    jika sudah menemukan debu yang suci, maka pukulkan kedua telapak tangan kepada debu tersebut, kemudian kibaskan dulu (jangan langsung di tabok ke wajah biar tidak kotor) setelah itu baru diusapkan ke wajah, setelah itu pukulkan tangan lagi ke debu, tapi bukan tempat yang tadi, kibaskan, dan usapkan pada kedua taangan sampai sikut.
    adapun cara tayammum karna hadats besar, sama dengan tayammum karna hadats kecil seperti keterangan hadits di atas.

Mungkin sekian penjelasan tentang tata cara tayammum, semoga bermanfaat bagi para prmbaca terutama bagi penulis sendiri.
                                                                          Mustofa Al-Hasany

Previous
Next Post »